pertumbuhan anak setelah khitan

 

Pengaruh sunat terhadap anak selalu membuat orang tua penasaran. Pertumbuhan seorang anak sangat dipengaruhi oleh Hormon Pertumbuhan (Growth Hormone). Seorang anak terutama laki-laki akan mengalami 2 fase pertumbuhan cepat yaitu saat hormon pertumbuhan di produksi dalam jumlah yang banyak yaitu saat sekitar usia 7-8 tahun dan saat pubertas sampai sekitar usia 20 tahun.

Efek Hormon Pertumbuhan

Salah satu efek dari peningkatan hormon pertumbuhan ini terhadap seorang anak adalah seorang anak akan mengalami pertumbuhan organ-organ tubuhnya terutama organ gerak, sehingga seorang anak akan bertambah tinggi atau lebih besar.
Secara umum tidak ada hubungan antara khitan dengan pertumbuhan anak. Di masyarakat kita banyak informasi dan mitos-mitos mengenai khitan. Dikatakan khitan bisa menyebabkan seorang anak nanti cepat tumbuh atau cepat besar. Dan bila di sunat saat anak masih bayi atau kecil bisa mengganggu pertumbuhannya.
Secara medis tidak ada hubungan antara khitan dengan pertumbuhan anak. Karena khitan adalah suatu tindakan membuang sebagian atau seluruh kulit penutup penis atau kulup. Sedangkan pertumbuhan seorang anak ditentukan atau dipengaruhi oleh hormon pertumbuhan atau growth hormone. Terlebih lagi pada anak yang sering mengalami gangguan buang air kecil bila tidak segera disunat akan menyebabkan pertumbuhan anak teganggu karena biasanya sering mengalami gangguan kesehatan.

Adakah Pengaruh Sunat/Khitan Terhadap Pertumbuhan Anak ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!